Menyusun Skripsi, Sulit Bukan Berarti Tidak Bisa

Sebagai mahasiswa strata 1, tentunya tujuan akhir atau langkah terakhir sebagai persyaratan untuk dapat dinyatakan lulus adalah dengan menyusun skripsi. Skripsi juga merupakan syarat untuk dapat memperoleh gelar sarjana. Pengertian skripsi adalah karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa program strata 1 yang membahas topik atau bidang tertentu berdasarkan hasil kajian pustaka yang ditulis oleh para ahli, hasil penelitian lapangan, dan hasil pengembangan (eksperimen) (Huda,2011). Penulisan skripsi juga merupakan salah satu kegiatan pendalaman disiplin ilmu melalui kegiatan tulis-menulis bagi mahasiswa program S-1. Kualitas dari skripsi yang disusun juga merupakan penentu kelulusan. Hal tersebut karena skripsi dianggap sebagai karya puncak sebagai indikator pemahaman dan ketercapaian disiplin ilmu yang dipelajari mahasiswa.

Tahapan Menyusun Skripsi

Skripsi yang bagus akan dihasilkan dengan persiapan yang matang. Adapun persiapan yang dapat dilakukan sebelum menyusun skripsi adalah (Fisipol UMA, 2021):

  1. Pemilihan Topik dan Metode Penelitian

Memilih topik dan metode penelitian merupakan tahap awal dalam penyusunan skripsi. Hal tersebut karena banyaknya ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan sehingga mahasiswa diharapkan untuk memfokuskan penelitian mereka pada satu teori saja. Judul dan topik penelitian ini dapat diambil dari berbagai perspektif dan sudut pandang.

  1. Penyusunan Kerangka Penelitian dan proposal

Langkah penyusunan skripsi selanjutnya adalah menyusun kerangka penelitian. Untuk sistematika penulisan kerangka penelitian dan proposal ini disesuaikan dengan peraturan dari masing-masing universitas.

  1. Seminar proposal

Seminar proposal penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah topik yang dipilih disetujui atau tidak. Biasanya pada proposal hanya diminta untuk menuliskan bab 1 sampai bab 3 skripsi. Pada akhir seminar, pembimbing akan memberikan masukan dan revisi agar skripsi yang disusun mahasiswa lebih sempurna.

  1. Revisi proposal skripsi

Mahasiswa akan mendapatkan saran atau masukkan untuk merevisi proposal yang telah dipresentasikan sebelumnya. Saran dan masukkan tersebut akan dimasukkan ke dalam proposal agar menjadi lebih baik dan lebih lengkap.

  1. Sidang Skripsi

Sidang skripisi adalah langkah akhir dalam pembuatan skripsi. Pada tahap ini mahasiswa diminta untuk mempresentasikan hasil skripisinya. Hal lain yang harus dipersiapkan pada tahap ini adalah mempersiapkan diri atas  pertanyaan yang mungkin diajukan oleh dosen penguji agar jawaban yang disampaikan memuaskan sehingga memberikan nilai akhir yang baik.

Website Database Jurnal

Salah satu hal yang sangat penting dalam pembuatan skripsi adalah sumber data yang digunakan. Sumber data dapat berasal dari jurnal, buku, ataupun website yang kredibel. Biasanya yang paling sering digunakan adalah jurnal. Jurnal dapat diperoleh dengan mengakses beberapa situs yang merupakan database jurnal (Pomalango, 2021). Berikut adalah beberapa contoh situs yang dapat digunakan untuk mengakses jurnal:

  1. Google Cendekia

Google scholar dibuat pada tahun 2004 yang didedikasikan untuk publikasi ilmiah nasional maupun internasional.Google cendikia dapat diakses melalui situs  https://scholar.google.co.id/. Selain itu, untuk pencarian artikel dapat dengan menggunakan kata kunci dan terdapat filter tahun untuk mencari jurnal berdasarkan rentang waktu tertentu.

  1. DOAJ (Directory of Open Access Journals)

DOAJ adalah situs yang menyediakan artikel ilmiah. Artikel pada situs ini sudah bertaraf internasional. Adapun cara untuk mengakses situs ini adalah dengan membuka https://doaj.org/ pada laman pencarian dan memasukkan kata kunci dari jurnal yang ingin dicari.

  1. Emerald Insight

Jurnal-jurnal yang terdapat pada situs ini umumnya adalah jurnal internasional. Situs ini dapat dikunjungi dengan membuka https://www.emerald.com/insight/ dan memasukkan kata kunci dari jurnal yang ingin dicari.

  1. Lib UI

Universitas Indonesia juga memberikan kemudahan bagi mahasiswanya dalam memperoleh jurnal yang dibutuhkan melalui Lib UI. Lib UI menyediakan jurnal maupun e-book yang dapat diakses melalui https://lib.ui.ac.id/. Selain itu, Mahasiswa UI juga dapat mengakses artikel ilmiah melalui situs jurnal yang sudah dilanggan UI melalui website https://remote-lib.ui.ac.id/.

Kendala dan Hambatan Dalam Menyusun Skripsi

Pembuatan skripsi yang cukup sulit dan rumit membuat mahasiswa mengalami berbagai kendala. Adapun beberapa kendala yang kerap dialami mahasiswa adalah:

  1. Kesulitan mencari judul skripsi

Salah satu kendala dalam memulai penyusunan skripsi adalah kesulitan dalam menentukan judul skripsi. Judul skripsi dapat ditentukan setelah mahasiswa menentukan terlebih dahulu topik apa yang akan diangkat dalam penelitiannya. Penentuan judul yang baik dan menarik menjadi salah satu hambatan dalam memulai skripsi.

  1. Kendala dengan dosen pembimbing

Dosen pembimbing yang sibuk juga merupakan kendala dalam penyusunan skripsi. Hal tersebut terkadang membuat kita tidak memiliki waktu yang sesuai untuk melaksanakan bimbingan. Selain itu, faktor komunikasi dengan pembimbing akademik juga menjadi penyebab kendala. Oleh karena itu, perlunya menjalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing.

  1. Perasaan jenuh dan malas

Perasaan jenuh dan malas dapat muncul saat penyusunan skripsi. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lamanya proses pengumpulan data, kesulitan memahami sumber literatur, serta kesulitan menuangkan isi pikiran ke dalam bentuk tulisan.

  1. Kesibukan di luar perkuliahan

Kesibukan di luar perkuliahan juga dapat mengganggu penyusunan skripsi, seperti kesibukan dalam organisasi atau kesibukan bekerja sambil kuliah. Hal tersebut menyebabkan mahasiswa akan kesulitan untuk membagi waktu untuk menyusun skripsi.

Tips Menyelesaikan Skripsi

  1. Memilih topik yang dipahami

Topik yang dipilih dalam membuat skripsi dapat mempengaruhi pengerjaan skripsi. Dalam memilih topik, kita dapat mengeksplor terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang paling disukai serta dipahami. Kemudian, kita lebih baik untuk tidak menerapkan standar yang terlalu tinggi dalam menentukan topik karena hal tersebut dapat menyulitkan diri sendiri.

  1. Membuat jadwal mengerjakan skripsi

Seperti peribahasa yang sering kita dengar, yaitu sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, hal ini juga berlaku dalam pengerjaan skripsi. Kita dapat menargetkan capaian tersendiri untuk menulis skripsi.  Contoh dari target capaian tersebut adalah mengerjakan tiga halaman skripsi dalam sehari. Jika sudah membuat target, maka kita harus berkomitmen untuk menyelesaikan skripsi sesuai target yang ada.

  1. Menentukan deadline dan menjadikannya sebagai motivasi

Pengerjaan skripsi tidak memiliki batas waktu tertentu. Oleh sebab itu, sebaiknya kita membuat batas waktu atau deadline tersendiri dan menjadikannya sebagai motivasi. Dengan menciptakan deadline, kita dapat lebih terpacu untuk menyelesaikan skripsi

  1. Sharing dengan teman pejuang skripsi

Bertemu teman-teman yang juga sedang menyelesaikan skripsi dapat mengurangi kejenuhan dan meningkatkan semangat kita. Dengan melakukan hal tersebut, kita dapat berbagi keluh kesah atau bahkan saling berdiskusi terkait pengerjaan skripsi yang tentunya dapat membantu kita.

  1. Mencari Inspirasi

Inspirasi tidak bisa datang begitu saja tanpa kita cari. Untuk mencari inspirasi, kita dapat melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan mood setiap mengerjakan skripsi. Mood yang baik dapat membantu kita dalam mencari inspirasi  dan membuat kita lebih rileks.

  1. Menciptakan suasana yang kondusif

Mengerjakan skripsi memerlukan fokus yang tinggi sehingga akan lebih baik dikerjakan di tempat yang kondusif agar tidak terdistraksi. Suasana dalam mengerjakan skripsi dapat dibuat senyaman mungkin dan disesuaikan dengan preferensi masing-masing. Apabila sulit konsentrasi dalam suasana yang berisik, maka pengerjaan skripsi dapat dilakukan pada malam hari. Ada kalanya kita sudah bosan mengerjakan skripsi di kamar sehingga kita dapat mencoba mengerjakannya di kafe dengan suasana yang tenang.

  1. Mengurangi kegiatan yang terlalu padat

Pada tingkat akhir, kita hendaknya dapat meluangkan waktu untuk fokus menyelesaikan skripsi. Oleh sebab itu, kita perlu mengurangi frekuensi kegiatan yang dapat mengganggu pengerjaan skripsi, misalnya kegiatan organisasi, kepanitiaan, dan bermain dengan teman. Jika skripsi sudah selesai, maka barulah kita dapat bersantai dan melakukan berbagai kegiatan lain.

Universitas Indonesia menyediakan layanan permohonan penelusuran literatur untuk mempermudah mahasiswa. Cara mengakses layanan tersebut adalah melalui:

  1. Perpustakaan UI

Layanan penelusuran literatur perpustakaan UI dapat diakses dengan mengisi google form melalui http://s.id/LayananLiteratur_LibUI. E-resources akan dikirimkan ke e-mail mahasiswa. Layanan ini tersedia setiap hari senin untuk 100 orang pertama.

  1. Perpustakaan FKM UI

Perpustakaan FKM UI juga menyediakan layanan untuk mengakses skripsi alumni dan penelusuran literatur melalui http://s.id/penelusuran_pusinfokesmas. Layanan tersebut dapat digunakan untuk mengakses 2 literatur setiap harinya yang dapat diakses oleh mahasiswa FKM UI.

Daftar Pustaka

Fisipol UMA (2021) Persiapan Apa Sih Yang Harus di Lakukan sebelum Memulai Skripsi?, Persiapan Apa sih yang harus di lakukan sebelum memulai Skripsi? Available at: https://ilmukomunikasi.uma.ac.id/2021/01/28/persiapan-apa-sih-yang-harus-di-lakukan-sebelum-memulai-skripsi/ (Accessed: November 24, 2022).

Huda, Miftahul , Perkembangan keilmuan di STAIN ponorogo, (Jurnal Dialogia, Vol.9, No.2 Desember 2011).

Marlina, A. (2022) Yuk, Mulai Beresin Skripsi! Berikut Tips-tipsnya. Available at: https://glints.com/id/lowongan/tips-skripsi-cepat-selesai/ (Accessed: 24 November 2022).

Master, J. (2012) Kendala Mahasiswa Dalam Menulis Skripsi. Available at: http://staff.unila.ac.id/janter/2012/05/30/kendala-mahasiswa-dalam-menulis-skripsi/ (Accessed: November 24, 2022).

Pomalango, Z. (2021) Cara Mencari Jurnal Untuk Skripsi Dan Tesis – Zulkifli B. Pomalango – Universitas negeri gorontalo, dosen.ung.ac.id. Available at: https://dosen.ung.ac.id/00160793/home/2021/2/12/cara-mencari-jurnal-untuk-skripsi-dan-tesis.html (Accessed: November 24, 2022).

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *